Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya. - Gradation Info

Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya.

Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya. - Sahabat yang berbahagia, kali ini Gradation Info akan memberikan informasi penting , viral dan terupdate dengan judul Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya. yang telah kami analisa dan cari persiapkan dengan matang untuk anda baca semua. Semoga imformasi yang kami sajikan mengenai Artikel Adab-Akhlak, Artikel Nasehat, Artikel Tazkiyatun Nafs, yang kami tulis ini dapat anda menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Judul : Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya.
link : Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya.


RAKYAT BERSIKAP BAIK, PEMERINTAH  AKAN BERSIKAP BAIK PULA PADA RAKYATNYA


Al-Muzani menyatakan: Bertaubat kepada Allah Azza Wa Jalla agar pemerintah bersikap kasih sayang terhadap rakyatnya.

Sungguh indah ucapan Imam al-Muzani ini! Jika anda berharap pemimpin/ pemerintah anda memiliki sikap kasih sayang terhadap rakyatnya, maka bertaubatlah kepada Allah.

Sekilas tidak nampak hubungannya. Padahal, itu menunjukkan bahwa adanya pemimpin yang dzhalim adalah karena dosa-dosa dari rakyatnya. Keadaan rakyat menentukan keadaan pemimpinnya. Jika rakyat baik, pemimpinnya akan baik. Jika rakyat buruk, pemimpinnya juga akan buruk, sebagai balasan dari Allah atas perbuatan mereka.

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَكَذَلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِينَ بَعْضًا بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Dan demikianlah, kami jadikan sebagian orang dzhalim menguasai/ memimpin orang dzhalim yang lain disebabkan perbuatan mereka (Q.S al-An’am:129)


Sahabat Nabi Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma menyatakan:

إِذَا رَضِيَ اللهُ عَنْ قَوْمٍ وَلَّى أَمْرَهُمْ خَيِارَهُمْ، إِذَا سَخِطَ اللَّهُ عَلَى قَوْمٍ وَلَّى أَمْرَهُمْ شِرَارَهُمْ

 Jika Allah meridhai suatu kaum, Allah akan jadikan pemimpin untuk mereka adalah orang terbaik di antara mereka. Jika Allah murka pada suatu kaum, Allah jadikan pemimpin mereka adalah orang terburuk di antara mereka (Tafsir alQurthuby (7/85)).
 Al-A’masy menyatakan: Jika manusia telah rusak, Allah jadikan pemimpin mereka adalah yang terburuk di antara mereka (ad-Durrul Mantsur karya as-Suyuthy (4/134)).

Ka’ab al-Ahbar menyatakan:

إِنَّ لِكُلِّ زَمَانٍ مَلِكًا يَبْعَثُهُ اللهُ عَلَى نَحْوِ قُلُوبِ أَهْلِهِ، فَإِذَا أَرَادَ صَلَاحَهُمْ بَعَثَ عَلَيْهِمْ مُصْلِحًا، وَإِذَا أَرَادَ هَلَكَتَهُمْ بَعَثَ فِيهِمْ مُتْرَفِيهِمْ

Sesungguhnya pada setiap zaman terdapat raja/penguasa yang Allah utus sesuai keadaan hati rakyatnya. Jika Allah menginginkan kebaikan mereka, Allah utus untuk mereka seorang yang melakukan perbaikan (sebagai pemimpin). Dan jika Allah menghendaki kebinasaan mereka, Allah utus orang-orang yang suka mengumbar hawa nafsu (riwayat alBaihaqy dalam Syuabul Iman).

Dikisahkan bahwa Al-Hasan al-Bashri pernah mendengar seseorang mendoakan keburukan untuk al-Hajjaj –pemimpinnya-, kemudian beliau menyatakan:

لاَ تَفْعَلْ- رَحِمَكَ اللهُ- إِنَّكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أُوْتِيْتُمْ ، ( إِنَّمَا نَخَافُ إِنْ عُزِلَ الْحَجَّاجُ أَوْ مَاتَ أَنْ يُتَوَلَّى عَلَيكُم الْقِرْدَة والخنازير)

Janganlah engkau melakukannya, semoga Allah merahmatimu. Sesungguhnya kalian diberi sesuai keadaan kalian. Aku khawatir kalau al-Hajjaj lengser atau dia mati, kalian akan dipimpin oleh kera dan babi-babi (Adabul Hasan al-Bashri karya Ibnul Jauzi).

~~~~~~
Dikutip dari Buku "Akidah Imam Al-Muzani (Murid Imam Asy-Syafii)"
Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
 http://telegram.me/alistiqomah
_________
IMS / Ikhwah Magelang & Sekitar

Join & ikuti chanel Ma'had Minhajus Sunnah :
https://bit.ly/SyiarIslam
https://tlgrm.me/salafymagelang
http://salafymagelang.com


Sekianlah artikel Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya. kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya.


Anda sekarang membaca artikel Bertaubat Kepada Allah Agar Pemerintah Bersikap Sayang Terhadap Rakyatnya. dengan alamat link http://gs-infoku.blogspot.com/2017/04/bertaubat-kepada-allah-agar-pemerintah.html

Subscribe to receive free email updates: