21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online - Gradation Info

21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online

21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online - Sahabat yang berbahagia, kali ini Gradation Info akan memberikan informasi penting , viral dan terupdate dengan judul 21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online yang telah kami analisa dan cari persiapkan dengan matang untuk anda baca semua. Semoga imformasi yang kami sajikan mengenai Artikel Kesehatan Tubuh, yang kami tulis ini dapat anda menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Judul : 21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online
link : 21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online

Kecanduan game menjadi masalah yang serius, baik itu pada mereka yang masih usia sekolah, mahasiswa, maupun pekerja kantoran.

Salah satu game online populer
Salah satu game online populer | Photo credit:

Langsung saja, berikut cara menghilangkan kecanduan game online:

1. Carilah setidaknya satu saja hobi di dunia nyata, seperti sepak bola, basket, menulis novel, melukis, belajar bahasa asing, fotografi alam, memasak, travelling, programmer, dll.

Dengan adanya hobi yang ditekuni dan disukai, maka bisa membantu mengurangi sedikit demi sedikit kecanduan game.

Ingat!! Ada banyak aktivitas yang menyenangkan. Lihat kembali hobi yang selama ini terlupakan. Dengan adanya hobi baru, akan mengalihkan perhatian dari keinginan bermain game.

2. Gunakan teknologi pengingat (alarm), ini sangat berguna untuk mengingatkan waktu bermain game. Sebelumnya aturlah waktu seberapa lama Anda bermain game dalam sehari.

Saat alarm menunjukkan waktu bermain game sudah habis, maka hentikan permainan dan beralih-lah ke aktivitas lain.

3. Kurangi jumlah game yang dimainkan. Sebenarnya satu game saja tapi jika dimainkan secara serius, maka akan menyita banyak waktu.

Jika satu game seperti itu saja sudah menyita banyak waktu dan perhatian, bagaimana lagi jika game yang dimainkan sangat banyak?

Hindari memainkan terlalu banyak game dalam satu hari, hendaknya Anda hanya fokus pada satu atau dua game favorit Anda.

Selain itu, memainkan banyak game akan menghabiskan banyak energi sehingga Anda tidak mampu lagi untuk melakukan aktivitas lain.

Memainkan terlalu banyak game juga membuat Anda tidak fokus, bahkan bisa membuat pusing.


4. Jangan perfeksionis, bermain game pada dasarnya hanyalah hiburan. Akibat ingin mengejar semua achievement ataupun skor sempurna, jika gak kesampaian jadinya malah emosi serta mengulang-ulang terus permainan.

Hal itu akhirnya membuat si pemain tidak sadar telah bermain game terlalu lama. Kecanduan game bisa terjadi akibat ‘terlalu nafsu’ ingin dapat semua achievement ataupun skor sempurna.

5. Berikan syarat pada diri sendiri sebelum bermain game. Misalnya ada pekerjaan yang lebih penting, maka buatlah aturan bahwa Anda tidak akan bermain game sebelum menyelesaikan pekerjaan penting tersebut.

Ini cara ampuh untuk meredakan kecanduan game sekaligus juga melatih diri untuk melakukan prioritas utama terlebih dahulu.

6. Minimalisir pergaulan dengan para pemain game online. Itu karena game online biasanya dimainkan bersama teman-teman, saat nongkrong bersama seringkali membicarakan game.

Usaha Anda untuk berhenti main game online akan gagal, jika orang-orang di sekeliling Anda terus membicarakan game.

7. Mulai sekarang, anda harus mengatur keseimbangan waktu belajar, waktu bekerja dan waktu bermain. Sadari masing-masing ada porsinya.

8. Jika Anda ingin men-terapi diri, misalnya selama seminggu tidak bermain game, maka singkirkan atau sembunyikan perangkat game Anda, ini untuk meredakan godaan bermain game. Usahakan di kamar tidak ada konsol game.

9. Ceritakanlah (curhat) tentang masalah kecanduan game yang sedang Anda alami kepada keluarga dan sahabat. Mereka akan membantu Anda untuk mencari jalan keluar, setidaknya mereka akan men-support Anda agar bisa menghilangkan kecanduan game online.

10. Berbaurlah dengan orang-orang, keluar rumah untuk kumpul bersama teman-teman membahas kegiatan yang positif.

11. Berolahraga bisa menjadi pilihan yang baik untuk meredakan kecanduan game.

12. Batasi penggunaan smartphone, khususnya saat istirahat atau waktu kosong. Itu karena smartphone merupakan perangkat yang sering digunakan untuk mengakses game online.

13. Jika Anda bermain game selama enam jam dalam sehari, sadari dan akui bahwa itu sebuah kesalahan, dan akui Anda sedang dalam masalah besar. Katakan pada diri sendiri bahwa masalah besar ini harus segera diatasi mulai detik ini.

14. Masih dalam hal kesadaran, hitunglah total waktu bermain game selama seminggu, lalu total selama sebulan. Anda akan kaget dengan waktu yang terbuang.

Coba bayangkan jika waktu puluhan jam yang terbuang tersebut digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna.

Loading...

15. Batasi pemasangan game pada gadget, kalau bisa satu game saja. Menginstal banyak game menyebabkan Anda ingin memainkan semuanya dalam satu hari, akibatnya banyak waktu dan energi yang akan terbuang.

16. Jika Anda sudah sangat kecanduan game online, maka kurangi secara bertahap waktu bermain game. Jika Anda saat ini bermain game selama 6 jam salam sehari, maka targetkan bulan depan Anda bermain game hanya 3 jam dalam sehari.

17. Sadari kembali target hidup Anda, recanakan TARGET hidup Anda, milikilah impian di masa depan. Dengan adanya AMBISI atau TUJUAN hidup yang jelas, maka akan mengalihkan perhatian Anda dari game.

18. Sadari bahwa game dirancang untuk selalu membuat penasaran permainnya. Jika sekarang ada fitur baru (seperti karakter, senjata, dll) maka Anda akan berusaha mencapainya. Setelah berhasil dicapai, pembuat game akan memuculkan fitur barunya lagi, dan ini tidak ada habisnya.

19. Uninstall game online, walaupun keputusan untuk mencopot game dari perangkat adalah pilihan yang sulit. Ini lebih bak daripada Anda mengabaikan belajar, makan, dan juga orang-orang di sekitar.

Kalau bisa sadari bahwa Anda tidak menghasilkan apapun dari kegiatan main game selama ini.

Jika memang ‘nasfu syahwat’ bermain game tidak juga mereda, sering-seringlah mengingat quote di bawah ini:

“Terkadang Anda harus merelakan suatu kebahagiaan untuk kebahagiaan yang lebih besar”.

Tidak masalah Anda uninstal suatu game, karena di kehidupan nyata ada segudang aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan.

Quote lainnya yang hendaknya juga diingat:

“Jadilah TOP PLAYER di dunia nyata, ini jauh lebih baik dibandingkan jadi top player di sebuah game.”

Ini bukan berarti Anda tidak boleh bermain game sama sekali, Anda tetap boleh bermain game tapi waktunya lebih teratur (dibatasi).

20.  Banyak orang kecanduan game online karena penasaran dengan fitur-fitur yang susah didapat, penasaran untuk menggapai item-item spesial atau sebuah skill yang hanya ada pada character level tinggi.

Nah agar bisa terpuaskan dengan cepat, Anda bisa mencari ‘Private Server’ game nya (atau cara curang lainnya), hampir setiap game online punya private server, Anda harus pintar-pintar mencari private server game yang diinginkan (manfaatkan google atau forum).

Nantinya di private server, Anda bisa merasakan item-item langka yang hampir ‘imposibble’ dimiliki.

Jika Anda sudah puas, maka berjanjilah pada diri sendiri untuk sungguh-sungguh berhenti main game.

21. Uninstall game yang telah membuat Anda kecanduan (ini cara ekstrim), atau jika game dimainkan di web browser tutup akunnya.

Itu karena selama game masih ada di perangkat Anda, akan ada godaan untuk memainkannya.

Sebagian orang berhenti bermain game dengan sendirinya. Ini biasanya saat game terus-menerus dimainkan hingga mencapai titik jenuh. Ini khusus pada game online yang cenderung membosankan. Awalnya menyenangkan, tapi lama-kelamaan setelah mengetahui polanya jadinya bosan juga.

Terakhir... untuk meredakan kecanduan game, perbanyak lah kesibukan di dunia nyata dan banyak bersosialisasi dengan teman, tetangga, dll.

Sekianlah artikel 21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online


Anda sekarang membaca artikel 21 Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online dengan alamat link http://gs-infoku.blogspot.com/2019/08/21-cara-menghilangkan-kecanduan-game.html

Subscribe to receive free email updates: