Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan - Gradation Info

Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan

Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan - Sahabat yang berbahagia, kali ini Gradation Info akan memberikan informasi penting , viral dan terupdate dengan judul Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan yang telah kami analisa dan cari persiapkan dengan matang untuk anda baca semua. Semoga imformasi yang kami sajikan mengenai Artikel Kesehatan Tubuh, yang kami tulis ini dapat anda menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Judul : Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan
link : Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan

Gosok gigi hendaknya dilakukan secara rutin, jangan sampai Anda tidak pernah menggosok gigi dalam sehari semalam.

Gosok gigi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Banyak para ahli yang menyebutkan bahwa gosok gigi minimal dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Gosok Gigi
Photo credit: Wikimedia.org

Hendaknya Anda gosok gigi setelah bangun tidur (di pagi hari) dan saat akan tidur di malam hari.

Hal penting lainnya, selain Anda rutin menggosok gigi, Anda juga harus menggosok gigi dengan benar. Hal ini agar manfaat yang diperoleh bisa maksimal.

Lamanya waktu mengosok gigi juga harus diperhatikan. Jangan terburu-buru dalam menggosok gigi karena akan kurang memberikan manfaat, atau bahkan bisa menimbulkan dampak buruk pada gigi.

Lamanya waktu ideal untuk menggosok gigi adalah 2-3 menit. Jangan terlalu cepat ataupun terlalu lama.

1 - 1,5 menit untuk menggosok gigi bagian atas, serta 1 - 1,5 menit menggosok gigi yang bagian bawah.

Menggosok gigi terlalu cepat, terlalu lama (berlebihan) ataupun frekuensinya terlalu sering (misalnya menggosok gigi 7 kali dalam sehari) maka akan menimbulkan efek negatif.

Hasil Penelitian di International Journal of Dental Hygiene
Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Dental Hygiene tahun 2002 menemukan bahwa orang-orang yang menggosok gigi selama 2 menit dapat mencegah resiko plak gigi hingga 41 persen.

Ini lebih baik dibandingkan orang-orang yang menggosok gigi selama 1 menit, hanya dapat mencegah resiko plak gigi sebesar 21 persen.

Sikat Gigi Sebelum Tidur
Menyikat gigi sebelum tidur harus dilakukan, hal itu karena umumnya waktu berkembang biak bakteri di dalam mulut adalah saat malam hari.

Akibat dari tidak menyikat gigi sebelum tidur, menyebabkan sisa makanan (yang ada di dalam mulut) menjadi santapan bakteri, yang kemudian dapat memunculkan asam yang berdampak buruk pada gigi (salah satunya yaitu gigi berlubang).

Menyikat gigi sangat penting untuk kesehatan mulut. Malas menyikat gigi akan menyebabkan gigi mengalami karies, lalu rusak berlubang.

Penjelasan dari Prof Dr Melanie S. Djamil, drg
Prof Dr Melanie S. Djamil, drg, menjelaskan bahwa tidak ada batas maksimal waktu menyikat gigi, intinya kita harus menyikat semua bagian gigi dengan gerakan mekanis, itu bisa memakan waktu sekitar 2-5 menit.

Dalam menyikat gigi maka pastikan semua permukaan terbersihkan. Prof Dr Melanie S. Djamil merupakan seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.

Selain itu, jangan terlalu keras dalam menyikat gigi. Kekuatannya sedang saja, dimana tidak keras dan tidak terlalu pelan.

Referensi:
Rohmitriasih. Vemale (vemale.com). 2018. Berapa Lawa Waktu Ideal Untuk Menggosok Gigi? Ini Kata Ahli. Diakses: 26 September 2018.
Suryadi, Jeems, Martha HD, Sharon Natalia. Detik Health (detik.com). 2015. Supaya Maksimal, Sikat Gigi Baiknya Berapa Menit?. Diakses: 26 September 2018.
Rini, Citra Listya. Republika (republika.co.id). 2013. Berapa Lama Durasi Ideal Sikat Gigi?. Diakses: 26 September 2018.

Sekianlah artikel Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan


Anda sekarang membaca artikel Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan dengan alamat link http://gs-infoku.blogspot.com/2018/09/lama-waktu-ideal-menggosok-gigi-berikut.html

Subscribe to receive free email updates: