Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi - Gradation Info

Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi

Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi - Sahabat yang berbahagia, kali ini Gradation Info akan memberikan informasi penting , viral dan terupdate dengan judul Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi yang telah kami analisa dan cari persiapkan dengan matang untuk anda baca semua. Semoga imformasi yang kami sajikan mengenai Artikel Kesehatan Tubuh, yang kami tulis ini dapat anda menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Judul : Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi
link : Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi

Tidur siang tidak perlu lama-lama, bisa 60 menit ataupun 30 menit, bahkan 15 menit pun sudah cukup bagus jika tidak punya banyak waktu

Jadi tidur siang itu hanya sebentar, tapi manfaatnya sangat besar.

Namun jika tidur siang berlebihan (misalnya 3 jam) justru akan menimbulkan dampak buruk.

Aktivitas Tidur di Kelas
Aktivitas Tidur di Kelas | Photo credit: https://ift.tt/2HRxUDY

Usahakan anak-anak agar mau tidur siang, ini baik untuk pertumbuhannya serta dapat meningkatkan kecerdasan maupun mood anak.

Sebuah penelitian dipublikasikan di Journal Sleep dengan melibatkan 3.819 anak sekolah dasar menemukan banyak manfaat tidur siang, yaitu:
  • Anak merasa lebih bahagia.
  • Lebih mampu menangkap pelajaran (daya tangkap/pikir meningkat).
  • Mengurangi masalah perilaku.
  • Mendorong IQ lebih tinggi.
  • Prestasi akademik yang lebih baik.

Adrian Raine, seorang profesor kriminologi, psikiatri dan psikologi dari University of Pennsylvania menjelaskan bahwa anak-anak yang tidur siang memperoleh keuntungan dari peningkatan kinerja akademik.

Penelitian ini mengamati manfaat tidur siang pada anak-anak sekolah dasar. Ditemukan juga bahwa tidur siang secara pasti terkait dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi pada anak-anak, selain itu anak bisa menjaga prilakunya dengan lebih baik.

Siswa tidur siang di sekolah mendapatkan banyak manfaat, kok bisa?
Anand Jaiswal, Director of Respiratory and Sleep Medicine di Medanta, India, menjelaskan bahwa saat tidur otak mencoba membangun kembali neuron yang kelelahan dengan meremajakan mediator di ujung saraf.

Itulah yang terjadi saat tidur, sehingga setelah bangun tidur pikiran terasa segar kembali. Dijelaskan juga bahwa tidur siang meningkatkan kemampuan berpikir dan kegiatan secara umum.

Adapun kurang tidur menyebabkan seseorang mudah tersulut emosi, depresi dan marah-marah. Anak-anak yang tidur siang nantinya lebih terhindar dari gangguan prilaku seperti itu.

Tidur siang akan membasahi otak dengan serotonin. Serotonin merupakan hormon yang berfungsi untuk menjaga mood dan mencegah gangguan suasana hati yang mengarah pada stres, serta mencegah depresi.

Hendaknya para orangtua dan guru disekolah memerintahkan anak-anak untuk tidur siang. Profesor Jianghong Liu menjelaskan bahwa tidur siang menjadi cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan IQ anak-anak dan menghindarkan anak dari gangguan perilaku.

Durasi tidur siang antara 30-60 menit . Manfaat lainnya tidur siang untuk anak:
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.
  • Meningkatkan kreativitas anak.
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak.
  • Meningkatkan stamina anak.
  • Baik untuk tumbuh kembang anak.

Sekianlah artikel Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi


Anda sekarang membaca artikel Anak Tidur Siang Lebih Cerdas, Bahagia & Berprestasi dengan alamat link http://gs-infoku.blogspot.com/2019/09/anak-tidur-siang-lebih-cerdas-bahagia.html

Subscribe to receive free email updates: