KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017 - Gradation Info

KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017

KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017 - Sahabat yang berbahagia, kali ini Gradation Info akan memberikan informasi penting , viral dan terupdate dengan judul KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017 yang telah kami analisa dan cari persiapkan dengan matang untuk anda baca semua. Semoga imformasi yang kami sajikan mengenai Artikel KEMENDIKBUD, yang kami tulis ini dapat anda menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Judul : KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017
link : KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada....
sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang Kisi-Kisi Pre Test PKB untuk Kepala Sekolah Terbaru.



Pre Test SIM PKB akan segera dimulai. Untuk itu, anda semua diharapkan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya mendapat nilai yang maksimal.

Sebagai bahan panduan persiapan, saat ini telah dibuat Kisi-Kisi Pre Test PKB untuk Kepala Sekolah Terbaru.

 Kisi-Kisi Pre Test PKB untuk Kepala Sekolah Terbaru

Kisi-kisi ini berisikan materi yang akan diujikan dalam pre test khusus bagi para kepala sekolah.

Ada beberapa dimensi yang menjadi pembahasan dalam pre test ini. Untuk lebih jelasnya berikut ini Kisi-Kisi Pre Test PKB untuk Kepala Sekolah Terbaru:

DIMENSI MANAJERIAL :

Kompetensi 
  • Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

Indikator
  • Merumuskan visi sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan visi dan misi
  • Merumuskan misi sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
  • Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
  • Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
  • Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
  • Mengarahkan perencanaan evaluasi program
Kompetensi
  • Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal

Indikator

Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program

Kompetensi
  • Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

Indikator
  • Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
  • Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
  • Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar

Kompetensi
  • Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

Indikator
  • Menganalisis kebutuhan guru dan staf
  • Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
  • Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
  • Menerapkan prinsip pengharga

Kompetensi
  • Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal

Indikator
  • Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
  • Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
  • Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
  • Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan

Kompetensi
  • Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik

Indikator
  • Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
  • Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
  • Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
  • Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat

Kompetensi
  • Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
Indikator
  • Menyusun RKAS
  • Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
  • Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)

Kompetensi
  • Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah

Indikator
  • Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
  • menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah

Kompetensi
  • Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya

Indikator
  • Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
  • Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah

DIMENSI USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH :

Kompetensi
  • Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan

Indikator
  • Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
  • Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
  • Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
  • Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi

Kompetensi
  • Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif

Indikator
  • Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
  • Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
  • Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar

Kompetensi
  • Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah

Indikator
  • Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
  • Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
  • Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan

Kompetensi
  • Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

Indikator
  • Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
  • Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
  • Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
  • Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

Kompetensi
  • Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah

Indikator
  • Merumuskan tujuan layanan khusus
  • Menyusun program unit layanan khusus sekolah
  • Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
  • Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah


Kompetensi
  • Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

Indikator
  • Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
  • Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
  • Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan

Kompetensi
  • Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah

Indikator
  • Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
  • Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah
  • Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
  • Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT

DIMENSI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN :

Kompetensi
  • Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan

Indikator
  • Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
  • Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
  • Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.

Kompetensi
  • Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal

Indikator
  • Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
  • Mendukung iklim pembelajaran akademis
  • Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar

Kompetensi

  • Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran

Indikator
  • Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
  • Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
  • Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran

Kompetensi
  1. Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran

Indikator
  • Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
  • Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran

Kompetensi
  • Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan

Indikator
  • Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
  • Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah

DIMENSI KEWIRAUSAHAAN :

Kompetensi
  • Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah

Indikator
  • Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
  • Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah

Kompetensi
  • Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif

Indikator
  • Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
  • Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
  • Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah

Kompetensi
  • Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah

Indikator
  • Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
  • Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan

Kompetensi
  • Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah

Indikator
  • Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
  • Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah

Kompetensi
  • Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik

Indikator
  • Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
  • Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah

DIMENSI SUPERVISI :

Kompetensi
  • Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

Indikator
  • Menyusun program supervisi akademik
  • Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
  • Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
  • Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
  • Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
  • Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
Kompetensi
  • Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat

Indikator
  • Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
  • dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
  • Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
  • Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
  • Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
  • Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik
Kompetensi
  • Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

Indikator
  • Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
  • Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
  • Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
  • Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
  • Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di http://ift.tt/2jZtAUP . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Sekianlah artikel KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017


Anda sekarang membaca artikel KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017 dengan alamat link https://gs-infoku.blogspot.com/2017/07/kisi-kisi-terbaru-pre-test-pkb-untuk.html

Subscribe to receive free email updates: